Search

Batal Jadi Dirut TJ, Donny Saragih Angkat Suara soal Penipuan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Donny Andy Saragih angkat suara soal kasus penipuan yang menjeratnya. Kasus tersebut yang membuatnya batal jadi Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) karena status terpidana.

Keputusan itu diambil melalui mekanisme keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta. Sebelumnya, pada Jumat (24/1) lalu RUPS-LB Transjakarta memutuskan Donny menjadi Dirut menggantikan Agung Wicaksono yang mundur.

Namun, belakangan terkuak perihal status Donny Saragih sebagai terpidana kasus penipuan.


Donny mengatakan kasus yang ditudingkan pada dirinya adalah rekayasa. Donny mengatakan kejadian tersebut terjadi pada tahun 2017 saat dirinya menjabat Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport (PO Lorena), yang berawal dari adanya rekayasa dokumen untuk mendapatkan Initial Public Offering (IPO).

"Masalah itu, masalah korporasi, bukan masalah saya sendiri, itu terjadi saat saya jadi Direktur di Lorena. Masalahnya adalah soal dokumen negara yang dipalsukan, karena saat itu dokumen tidak ada untuk kelengkapan mau IPO. Dokumen itu adalah yang melekat pada bus. Namanya KIU dan KP (Kartu Izin Usaha dan Kartu Pengawasan)," kata Donny, Senin (27/1) seperti dilansir Antara.

Setelah itu, Donny menyebut ada orang yang mengaku sebagai petugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memeras pihak Lorena dengan meminta sejumlah uang.

"Setelah dipalsukan dan lolos IPO, dapat Rp130 miliar, berapa lama kemudian, ketahuan dokumen tersebut tidak benar. Ada orang yang ancam mem-blackmail (memeras), untuk kita bayar agar berita tidak naik ke atas, supaya tidak diangkat, kalau diangkat kantor akan terlihat jelek, akan kembalikan Rp130 miliar itu," kata Donny.

Donny menerangkan akhirnya Lorena membuat rekayasa kasus dengan menjadikan dirinya sebagai orang yang mengaku dari OJK dan melakukan pemerasan, agar masalah ini seakan selesai dan kasus pemalsuan dokumen tidak dilanjutkan.

"Itulah yang di-create, supaya itu semua kelihatan untuk membuat black mail itu berhenti. Menunjukkan Lorena sudah melakukan action untuk menangkap yang begitu-begitu (black mail). Tapi yang jadi masalah adalah apa sih itu OJK? Apa urusan OJK telepon-telepon orang? Masak saya digali cerita itu, masak iya saya hanya mengaku dari OJK bisa minta duit. Enggak mungkin mas, nggak ada penyebabnya," tutur Donny.

Donny juga menegaskan dirinya tidak tahu-menahu soal kasus tersebut, karena ia menilai namanya hanya dibawa-bawa sebab posisinya sebagai direktur.

"Terbawa, karena posisi sebagai direktur yang dokumen direktoratnya dipalsukan," ucap Donny.

[Gambas:Video CNN]
Merujuk Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Donny bersama seseorang bernama I Porman Tambunan didakwa melakukan penipuan. Sidang pertama dilakukan pada 30 April 2018 dengan nomor perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman.

Pada 15 Agustus 2018, Donny dan Porman divonis bersalah oleh Majelis Hakim PN Jakarta Pusat. Mereka dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana penipuan secara berlanjut. Majelis Hakim menjatuhkan pidana Donny dan Porman masing-masing 1 tahun penjara dikurangi masa penangkapan dan penahanan. Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menghendaki mereka divonis masing-masing 2 tahun penjara.

Pada putusan banding, Pengadilan Tinggi DKI jakarta menguatkan putusan PN Jakarta Pusat dengan nomor putusan banding 309/PID/2018/PT DKI. Sidang putusan banding dihelat pada Jumat, 12 Oktober 2018.

Donny dan Porman tidak terima. Mereka lalu mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung pada 4 Januari 2019. Namun, pada 12 Februari 2019, MA menolaknya melalui putusan kasasi nomor 100/K/KPID/2019.

Dalam putusan kasasi, Donny dan Porman justru ditambah masa pidana penjaranya menjadi masing-masing 2 tahun.

(Antara/kid)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMie2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vbmFzaW9uYWwvMjAyMDAxMjcxODM3MTYtMjAtNDY5MTczL2JhdGFsLWphZGktZGlydXQtdGotZG9ubnktc2FyYWdpaC1hbmdrYXQtc3VhcmEtc29hbC1wZW5pcHVhbtIBAA?oc=5

2020-01-27 12:49:00Z
52782012225844

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Batal Jadi Dirut TJ, Donny Saragih Angkat Suara soal Penipuan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.