Search

Haris Azhar Tolak Jadi Saksi di MK, Begini Kata Tim Hukum Jokowi - detikNews

Jakarta - Advokat pegiat isu hak asasi manusia (HAM) Haris Azhar memutuskan mundur dari posisi saksi yang dihadirkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tim hukum Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyebut tidak kenal dengan Haris.

"Saya nggak kenal Haris Azhar itu siapa. Saya nggak kenal dan nggak ada kepentingannya, nggak ada kekhawatirannya. Mau datang, datang saja, nggak mau datang, ya, silakan," ujar ketua tim hukum Jokowi, Yusril Ihza Mahendra, di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).


Yusril juga menyebut pihaknya tidak mempermasalahkan bila Said Didu datang menjadi saksi. Menurutnya, tidak terdapat persoalan siapa pun yang dihadirkan.
"Nggak pengaruh siapa saja kalau mau datang, datang saja. Mau Said Didu, Said Didu didatangkan silakan aja. Nggak ada yang salah," ujar Yusril.

"Kalau saya sih siapa pun yang dihadirkan dalam pengadilan ini saya welcome saja ya ada persoalan. Malah kalau bisa sebanyak-banyaknya saksi dihadirkan, hadirkanlah saksi," sambungnya.


Yusril mengatakan penasaran dengan bukti dan saksi yang disampaikan tim hukum Prabowo. Namun Yusril kecewa terhadap bukti dan saksi yang ditampilkan.

"Karena saya dari awal penasaran bukti apa yang mau dibawa ke pengadilan saya ingin lihat. Nah, tapi sampai hari ini, sebagai orang yang penasaran, saya cukup kecewa, kok buktinya kayak begini. Saksinya juga tidak pernah dapat ancaman, aman-aman aja. Bahkan tadi ditanya ke saksi pernah datang ke LPSK, nggak pernah katanya," tuturnya.


Sebelumnya, Haris Azhar memutuskan mundur dari posisi saksi yang dihadirkan pasangan Prabowo. Haris didaftarkan sebagai saksi di persidangan MK hari ini oleh tim Prabowo-Sandiaga.

"Saya menolak memberikan kesaksian karena ada beberapa alasan," kata Haris kepada wartawan, Rabu (19/6).

Haris mengajukan surat penolakan memberikan kesaksian untuk Prabowo-Sandiaga. Surat itu ditujukannya ke majelis hakim MK, dikirim pada hari ini. Dia tak mau bersaksi untuk Prabowo-Sandiaga karena Prabowo dinilai punya masalah pelanggaran HAM di masa lalu. Pihak petahana Joko Widodo (Jokowi) juga dinilainya tak memberikan solusi soal kasus HAM.

Tonton video Ada 14 Saksi Prabowo yang Diputuskan MK:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/zak)

Let's block ads! (Why?)


https://news.detik.com/berita/d-4592593/haris-azhar-tolak-jadi-saksi-di-mk-begini-kata-tim-hukum-jokowi

2019-06-19 12:29:34Z
52781669950587

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Haris Azhar Tolak Jadi Saksi di MK, Begini Kata Tim Hukum Jokowi - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.