Search

Enggak Cuma Busi, Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab Mesin Mobil Pincang

Liputan6.com, Jakarta - Masalah pada mesin bensin rupanya bukan hanya disebabkan oleh busi. Sebaliknya, masalah ini juga bisa saja karena ignition coil atau biasa disebut koil.

Sebab, koil memiliki fungsi yang cukup vital pada hasil pengapian untuk busi. Hal ini dikarenakan prinsip dasar pengapian bermula dari koil.

Ignition coil merupakan bagian dari sistem pengapian pada mesin yang fungsinya menaikkan tegangan dari aki, kemudian diteruskan ke busi untuk menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar.

Karena itu, ignition coil memiliki peran penting dalam pengapian di ruang bakar.

Namun begitu, pemilik kendaraan kerap tak mengetahui betapa pentingnya ignition coil. Karena itu pula saat terjadi gangguan sistem pengapian di ruang bakar, atau biasa disebut mesin kendaraan pincang, mereka hanya fokus mengecek busi saja.

Dalam keterangan tertulisnya, Technical Service Departement - PT Denso Sales Indonesia Joko Pratikno mengatakan, ketika terjadi mesin kendaraan pincang, jangan panik dan jangan terburu-buru mengganti busi.

"Setiap komponen pengapian dan kelistrikan wajib diperiksa, mulai dari busi, aki, hingga ignition coil. Biasanya saat mesin pincang dan bergetar, mesin tidak akan langsung mati dikarenakan di komponen mobil terdapat beberapa busi dan ignition coil tergantung jumlah silindernya," tulisnya.

Let's block ads! (Why?)


October 18, 2018 at 06:03AM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2AfOREP
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Enggak Cuma Busi, Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab Mesin Mobil Pincang"

Post a Comment

Powered by Blogger.