Search

Pembangunan Fasilitas LRT Bikin Banjir di Tengah Kota Palembang Makin Parah

Liputan6.com, Palembang - Banjir yang lama surut saat musim hujan di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata dipicu beberapa faktor. Salah satu yang utama yaitu saluran pembuangan air yang tersumbat karena terganggu pembangunan fasilitas Light Rail Transit atau LRT Palembang.

Beberapa kawasan di tengah kota dan daerah padat kendaraan menjadi pusat genangan air yang mengakibatkan kemacetan parah.

Daerah yang langganan banjir yang berdekatan dengan pembangunan fasilitas LRT Palembang, bahkan terjadi di jalan protokol, seperti di sepanjang Jalan Kolonel H Burlian, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten A Rivai Palembang.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, kabel LRT Palembang cukup mengganggu aliran drainase, karena dipasang di dalam saluran penyaluran air.

"Kabel harus dipasang di kedalaman tertentu, jadi jangan seenaknya memasang kabel di dalam salurah drainase. Inilah yang turut mengganggu saluran air sehingga air tergenang di dekat fasilitas LRT Palembang," katanya kepada Liputan6.com, usai menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Genangan Air di Sepanjang Jalur LRT Palembang, di Rumah Dinas (Rumdin) Wako Palembang, Rabu (17/10/2018).

Orang nomor satu di Palembang ini sudah menurunkan timnya untuk meninjau titik banjir dan melakukan pembenahan agar genangan air pascahujan cepat surut.

Dari peninjauan di lapangan, faktor penyebab banjir lainnya yaitu mesin pompa penyedot air banyak yang rusak dan kurangnya kolam retensi. Untuk itu, Pemkot Palembang juga akan menambah kolam retensi dan normalisasi anak sungai musi.

"Anak Sungai Musi di Palembang sudah tidak bisa menampung debit air berlebih, termasuk Sungai Sekanak. Untuk itu, kita restorasi dan normalisasi serta terus menggalakkan gotong royong untuk menekan penyumbatan saluran air ke sungai," ucapnya.

Menurut Kepala Koordinator Lapangan PT Waskita Karya Bambang Priambodo, ada endapan lumpur di Jalan Kolonel H Burlian di dekat fasilitas LRT Palembang, sehingga semakin menyulitkan aliran air keluar. 

Let's block ads! (Why?)


October 18, 2018 at 09:31AM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2ConV72
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembangunan Fasilitas LRT Bikin Banjir di Tengah Kota Palembang Makin Parah"

Post a Comment

Powered by Blogger.