Search

Mengintip Gemulai Pedagang Cantik dalam Balutan Batik Seksi

Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purbalingga, Edhy Suryono mengatakan peragaan busana batik pesta untuk para pedagang pasar tradisional ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Batik Nasional Tingkat Kabupaten Purbalingga.

'Lenggak Lenggok Neng Pasar Segamas' ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga beserta Dekranasda Kabupaten Purbalingga sebagai bentuk apresiasi terhadap peringatan Hari Batik Nasional.

"Batik merupakan salah satu hasil karya bangsa Indonesia yang sampai saat ini banyak dikagumi oleh berbagai bangsa," kata Edhy.

Dia menjelaskan, batik merupakan produk budaya Indonesia yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Salah satu caranya adalah dengan pagelaran busana batik bertema baju batik pesta untuk pedagang pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Selain untuk memopulerkan batik, peragaan busana ini juga bertujuan untuk memberi pengalaman baru bagi para pedagang pasar khususnya. Ini adalah kali pertama peragaan busana batik dengan peserta pedagang pasar tradisional.

"Nantinya dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendongkrak produk lokal khususnya batik khas Purbalingga agar dikenal oleh masyarakat luas," dia menerangkan.

Sementara, dalam even 'Lenggak Lenggok Neng Pasar Segamas' sebelum peragaan dimulai, ditampilkan peragaan busana pesta oleh forum perajin batik Purbalingga. Selanjutnya, peserta berlenggak-lenggok di depan para dewan juri di atas catwalk.

"Masing-masing pemenang mendapatkan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan. Juara satu mendapatkan Rp 1,5 juta, juara dua menerima Rp 1,25 juta, juara tiga Rp 1 juta, harapan satu Rp 750 ribu, harapan dua Rp 500 ribu dan juara tiga Rp 250 ribu," jelasnya.

Para pemenang juga mendapatkan bonus uang pembinaan dari Plt Bupati Purbalingga yang masing-masing menerima Rp 500 ribu. Adapun juara favorit peragaan busana batik pesta bagi pedagang pasar tradisional dipilih langsung oleh Plt Bupati Purbalingga.

Simak video pilihan berikut ini:

Pawai Hari Batik Diwarnai Tari dan Musik

Let's block ads! (Why?)


October 18, 2018 at 09:01AM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2R075Q9
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Gemulai Pedagang Cantik dalam Balutan Batik Seksi"

Post a Comment

Powered by Blogger.